fbpx

Suport Materi Ajakan Join

Dapatkan 30 Ilmu Bisnis Tanpa Bayar Sepeserpun, Mau?

============================

Cung, Yang Mau Dapat 30 Ilmu Bisnis Selama 30 Hari Secara Gratis?

============================

Langsung Masuk Ke Whatsapp-mu Ilmu Bisnis Selama 30 Hari Gratis, Mau?

Materi Edukasi Selama 30 Hari

Silakan Copy - Edit - Paste

Kok Coba – Coba…..

.

.
Apakah setiap coba – coba itu salah?

Apakah setiap coba – coba itu bikin gagal?

Apakah kalo coba – coba nggak bakal sukses?

Menjadi orang yang sukses bukan hal yang mustahil karena pada dasarnya orang sukses adalah orang yang mau berusaha dan tak kenal kata MENYERAH.

Sebetulnya tidak ada orang yang gagal kalo dia terus berusaha hingga BERHASIL. Begitu pula Coba – Coba.

Ada beberapa hal yang bisa Anda Coba untuk melangkah menuju KESUKSESAN:

1. COBA Action

Coba wujudkan keinginan Anda dengan ACTION. Keinginan tanpa ACTION sama saja dengan khayalan belaka. Tapi keinginan dengan ACTION adalah satu langkah menuju IMPIAN Anda.

2. COBAan Bukan Apa – Apa

Gagal itu cobaan. Tidak ada orang yang tidak pernah mendapatkan COBAAN. Saat Anda berhenti berusaha untuk bangkit, saat itulah Anda GAGAL.

3. COBA Serius & Geluti Bisnis Anda

Menggeluti suatu usaha atau biasa yang disebut KOMITMEN menjadi pondasi keseriusan Anda menjalankan bisnis.

Apa yang membuat COBA – COBA Anda gagal? Bisa jadi karena kurang KOMITMEN. Bisa jadi karena Anda belum tahu Trik – Trik Sukses Bisnis. Belajar dari pengalaman orang lain deh. Pelajari pola sukses mereka. Amati tiru lalu modifikasi (ATM) ^^

Yuk COBA – COBA Sukses hehe ^^

Dimana salahnya?

.

.

Pernahkah Anda mendapati SDM atau tim Anda bekerja tidak produktif?

Pernahkah Anda mendapati mantan SDM atau mantan Tim Anda berkerja lebih maksimal di tempat lain?

Padahal Anda merasa sudah memilih SDM yang tepat. Sudah memilih SDM yang mempunyai Attitude yang baik.

Kalau masalah SKILL dan MOTIVASI bisa di latih. Tapi ATTITUDE itu harga mati.

Nah Anda merasa sudah memilih orang yang tepat. Tapi kenapa kerja mereka masih belum maksimal ya?

Apakah Anda menempatkan orang tersebut di tempat yang tepat? Mungkin tempat atau job desk yang mereka kerjakan saat ini bukanlah keahlian mereka. The Right Man Into The Right Place

Nah kalau orang yang tepat sudah di tempatkan di tempat yang tepat tapi hasil kerjanya masih biasa2 saja, mungkin saja itu karna Anda kurang percaya dengan kinerja mereka.

Jika mereka merasa dipercaya, mereka akan merasa nyaman dan bekerja lebih maksimal. Mereka akan berusaha untuk membalas kepercayaan Anda.

Bagaimana? Siap untuk mempercayai Tim Anda? ^^

Mungkin ini masalahnya kenapa Tim Anda tidak produktif

Bisnisku berat di Modal

.

.

Duh… Modal lagi… Modal lagi. Capek deh -_-“

Banyak sekali para calon pengusaha atau pengusaha pemula yang mengeluh masalah Modal. Alasan ini Terlalu Mainstream.

Sini – sini…. Baca baik – baik ya. Modal Utama kita itu adalah KEBERANIAN. Nomor duanya itu

KREDIBILITAS. Nah yang ketiga adalah KETERAMPILAN ^^

Teruslah mengasah ketiganya. Otot – otot manusia itu bisa di latih kok. Mulailah dari hal kecil. Dari Langkah Kecil dulu saja.

Jika kita dititipkan oleh Tuhan modal hanya Rp 100.000, coba di manfaatkan dulu. Di maksimalkan. Lakukan apa yang Anda bisa lakukan dengan modal segitu. Lakukan apa saja. Yang penting Halal hehe ^^

Gini loh. Tuhan itu Maha Baik. Kalau kita belum punya modal besar, mungkin sebenarnya itu ujian dari Tuhan. Apa Anda bisa amanah dan memanfaatkan modal yang ada? Kalau yang kecil saja tidak bisa dimanfaatkan, gimana mau di kasih yang besar?

Jangan jadi minta – minta amanah. Kalau belum siap, bisa kacau. Misalnya maksa dengan Tuhan minta modal dan akhirnya pinjam uang. Karna belum ngerti sistem bisnis akhirnya bangkrut menanggung hutang :’(

Pahami hal ini supaya gak ngeluh terus soal Modal 😉

Apa aku layak?
.
.
Jalan untuk menuju kesuksesan tidak seindah makna Sukses itu sendiri. Sukses itu hadiah. Hadiah dari perjuangan yang berliku – liku dan melelahkan.

Banyak yang inginkan kesuksesan. Tapi tidak semua layak menjadi orang yang sukses. Banyak yang berhenti di tengah perjuangan. Banyak juga yang terus mengulangi hal yang sama.

Hei Hei! Bangun Bangun! Sadar dong. Masa Anda melakukan hal yang sama tapi berharap hasil yang berbeda?

Anda harus terus menambah pengetahuan Anda. Mengasah kreatifitas Anda. Jangan hanya melakukan hal yang sama. Jaman sudah begitu canggih. Hari ini bisnis Anda laris, minggu depannya sudah ada orang yang meniru bisnis Anda. Itulah Bisnis!

Jangan salahkan orang lain yang meniru bisnis Anda. Salahkan diri sendiri karna tidak terus mengasah kemampuan bisnis Anda sehingga tidap siap menghadapi kompetitor.

Teruslah bergerak, teruslah berusaha. Lakukan hal yang berbeda. Asah pengetahuan dan kreatifitas Anda. Jika saat ini Anda gagal, tapi jika Anda terus bergerak tanpa menyerah, Anda pasti menemukan kunci sukses Anda.

Semangat woy! ^^

Apa aku layak untuk sukses? Introspeksi dulu yuk

Yuk tampil Beda
.
.
Kok takut beda sih?

Ya ampun zaman sekarang jadi sama itu udah mainstream banget! ^^

Ketika Anda membuka bisnis, itu artinya Anda harus menghadapi Persaingan dalam menarik perhatian calon pembeli.

Untuk dapat bertahan di dalam persaingan maka kita harus memiliki nilai lebih, salah satunya adalah PERBEDAAN.

Saya ambil contoh simple : Ketika Anda berada di sebuah pesta, menurut Anda mana yang lebih mudah ditemukan? Seseorang yg menggunakan jas hitam atau yang menggunakan warna yang terang? Tentu saja yang terang, kan? ^^

Hal ini juga berlaku bagi Bisnis. Temukan Keunikan Bisnis Anda agar terlihat Beda dibandingkan kompetitor Anda. Tapi ingat! Menurut Pak Subiakto (Pakar Branding), Keunikan itu sebenarnya bukanlah Diferensiasi loh tapi Diskriminasi!

Anda mendiskriminasi para kompetitor Anda dengan menjadi satu – satunya. Misal Nasgor Mafia. Banyak kompetitor Nasi Goreng tp yang jadi Satu – Satunya Nasi Goreng Rempah ya Nasgor Mafia hehe ^^

Berani Beda Itu Baik 😀

Kok bisa ya?
.
.

Kok bisa merknya lebih di kenal daripada merk saya?

Kok bisa orang mencari – cari produk dia?

Kalau pertanyaan – pertanyaan tersebut masih ada dalam cara Anda memandang Pesaing, maka koreksilah Bisnis Anda.

Apa yang harus di koreksi?

1. Strategi Penjualannya

2. Target Marketnya

3. Kualitasnya

4. Pelayanannya

5. BRANDING – nya

Salah satu hal yang berpengaruh besar dalam BISNIS adalah BRAND. BRAND yang suah terkenal dapat menjadi TRENDING bahkan Diasosiasikan sebagai identitas jenis barangnya, contohnya Aqua, Teh Botol, Indomie.

Jadi jangan abaikan masalah Brand ini. Presentase Closing itu penting tapi jangan sampai BRANDING luput dari perhatian Anda ya 

Kok bisa jualannya sama tapi hasilnya beda?

Kamu kerja apa?
.
.

Di rumah terus kok dapet uang banyak?

Ngepet ya? :p

Haha zaman sekarang ngepet? Dosa hey. Mending buka bisnis rumahan ^^

Apa saja keuntungan yang Anda dapatkan dari merintis usaha di rumah?

1. Anda bebas menyalurkan ide, hobi, passion, serta bakat yang Anda miliki melalui bisnis

2. Bebas berbisnis tanpa mengesampingkan keluarga

3. Bebas menentukan besarnya pendapatan setiap bulan. Makin Anda bekerja cerdas, makin besar pendapatan Anda

4. Bebas mewariskan kesuksesan bisnis Anda kepada keluarga Anda

5. Memberikan kepuasan tersendiri bagi pelakunya.

Ingat ya! Kamu kerja di rumah, bukan berarti selamanya jadi kerja sendiri alias SELF EMPLOYED.

Harus punya sistemnya jadi bisa di delegasikan ke karyawan.


Berpikirlah besar namun sederhanakan langkah. Mulai dari hal kecil dan konsisten untuk mendapatkan Kesuksesan yang Besar. Siap? ^^

Bi

sa nggak ya?
.
.
Bisa nggak bisnis Anda sukses? Jawaban BISA. Pasti Bisa

Sudah pakai banyak strategi penjualan tapi bingung masih belum sukses juga?

Sudah mencoba berjualan lewat INTERNET?

Bagi Anda yang sudah coba tapi hasilnya gitu – gitu aja. Apa sih yang salah?

Cermati hal ini. Berjualan di internet itu :

1. Saingan dari seluruh dunia

2. Jumlah penjualnya banyak

3. Semuanya mau laku dan mau jadi nomor 1

Tapi tetap saja Anda harus Melek INTERNET karena

1. Pelanggan dari seluruh dunia

2. Gak perlu modal banyak bahkan bisa tanpa modal

3. Bisa punya banyak lapak sekaligus

4. Bisa punya banyak relasi bisnis

Jadi maksimalkan ilmu internet Anda. Sekarang ilmunya banyak kok. Follow deh orang – orang internet seperti @fikryfatullah & @tukangSEO.

3 – 5 tahun lagi pangsa pasar pembeli online kita akan mengalahkan China. Terutama Indonesia negara Kepulauan. Pembeli onlinenya banyak. Pertumbuhannya signifikan. Jadi buruan MELEK INTERNET!!! ^^

Duh jangan sampai tertinggal dengan pesaing Anda

Gimana sih caranya punya otak bisnis?
.
.
.
Banyak orang berpikir bisnis merupakan PERCEPATAN REZEKI.

Sayangnya, banyak sekali orang yang maunya saja berbisnis, namun tidak memiliki strategi berbisnis atau otak bisnis.

Otak bisnis dapat dirangsang dan dipancing agar keluar lho.

Gimana caranya?

1. Bertemu dengan orang – orang sukses, pelajari pengalaman dan tips sukses mereka

2. Memanfaatkan peluang yang ada. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus peka terhadap peluang yang tersebar di depan Anda. Nah yang ini akan terasah seiring dengan lamanya dan kualitas pengalaman bisnis Anda

3. Mengikuti seminar, training, dan baca buku – buku tentang Bisnis

4. Berjalan – jalan. Ketika Anda berjalan – jalan, Anda akan menemukan inpirasi baru. Apalagi kalau Anda sering bertemu dengan banyak orang. Silaturahmi itu selalu membawa rezeki ^^

Yuk pancing otak bisnis Anda 😀

Dasar manusia…
.
.
.
Manusia. Salah satu bagian penting dalam bisnis adalah sumber daya manusia. Bisnis yang baik, dikelola oleh SDM yang baik pula. Oleh karena itu, manusia merupakan core atau inti dari semua modal yang ada dalam bisnis Anda.

Banyak hal yang dapat dijadikan patokan untuk mendapatkan SDM yg berkualitas. Kesalahan pada masa perekrutan dapat mengakibatkan beberapa kerugian untuk bisnis Anda, diantaranya :

1. Melonjaknya biaya perekrutan

2. Loyalitas karyawan kurang, hal ini terkait dengan poin nomor satu. Saat loyalitas karyawan kurang, karyawan akan cenderung menarik diri dari pekerjaannya dan kemungkinan memilih pekerjaan di tempat lain. Anda pun terpaksa merekrut karyawan baru

3. Performa karyawan tidak sesuai dengan ekspektasi. Ketidak cocokan karyawan dengan posisinya akan membuat performa atau kinerja karyawan menurun. Bisa jadi hal ini disebabkan karena Anda tidak dapat mengidentifikasi apakah orang tersebut memang cocok atau tidak dengan pekerjaan yang Anda tawarkan.

Manajemen sumber daya manusia itu penting. Menjamin kebahagiaan karyawan Anda pun merupakan salah satu cara menambah loyalitas karyawan.

Karyawan Anda akan bertahan karna 2 hal : Leadership dan Insentif . Ingat – ingat hal ini ya ^^

SDM dalam bisnis itu penting. Jangan diabaikan

Emang penting ya? Buang – buang waktu aja…
.
.
.
Emang penting ya mengatur waktu?

Emang apa ruginya kalau tidak mengatur waktu?

Emang apa dampaknya pada bisnis?

Dalam hal atur mengatur, kita tidak lepas dari ilmu manajemen. Manajemen tidak hanya difokuskan pada mengatur sesuatu, namun juga dimulai dari Merencanakan (Planning), Memimpin (Leading), Mengatur (Organizing), dan Mengendalikan (Controlling)

Mengatur apa? Mengatur banyak hal, salah satunya mengatur waktu. Atur waktu Anda mulai dari melakukan hal yang penting hingga refreshing. Gunakan waktu Anda dengan maksimal dan efektif.

Belajar dari pengalaman orang lain pun dapat menghemat waktu Anda. Anda tidak perlu belajar dari pengalaman sendiri dan membuang – buang waktu Anda.

Waktu itu Mahal, begitu berharga. Jangan sia – siakan waktu Anda. Karena waktu tidak dapat Anda ulang kembali

Waktu kamu di pakai buat apa aja? ^^

Solusinya apa?
.
.
.
Dalam hidup, kita selalu dituntut untuk membuat keputusan. Memutuskan suatu perkaa bukanlah hal yang mudah.

Banyak juga yang pusing ketika mendapatkan masalah. Wajar lah, wong fokusnya ke MASALAHNYA bukan ke SOLUSINYA. -_-“

Kenali dulu masalah Anda & setelah Anda mendapatkan solusinya, tanyakan pada diri Anda :

1. Apakah solusi yg Anda temukan memerlukan waktu atau proses?

2. Apakah menyelesaikan masalah Anda saat ini juga?

3. Apakah Solusi yang Anda pilih akan menimbulkan masalah serupa di masa datang?

Ada 2 jenis Solusi, yaitu Solusi Sementara dan Solusi Permanen

Contohnya gini nih ^^

Anda punya karyawan yang etikanya buruk namun skill nya bagus & mendukung tingkat penjualan Anda

Solusi Permanennya : Pecat, cari yg beretika dan latih Skill nya dengan training

Masalahnya adalah Anda butuh waktu untuk melatih karyawan baru, penjualan Anda pun menurun karna sudah memecat karyawan yg mendukung penjualan Anda

Solusi Sementara : Sambil mencari karyawan yang baru, Anda tetap mempekerjakan karyawan lama tersebut namun dgn sistem kontrol yg ketat.

Dalam mengambil keputusan, Anda harus memikirkan dampaknya jgn hanya karna unsur emosional atau idealisme semata. Apalagi jika ada orang – orang yang akan merasakan dampak dari hasil keputusan Anda. Harus Bijak ya

Ilmu EO untuk Pengusaha?
.
.
.
Jangan berpikir kalau belajar tentang membuat event itu bukanlah hal yang penting bagi pengusaha. Kecuali yang memang bisnisnya Event ya hehe ^^

Jika Anda mampu membuat Event yang sukses dan menguntungkan, berarti Anda pun memiliki modal untuk membuka bisnis yang sukses. Karena…. Di EO Anda belajar:

1. Kemampuan Bernegosiasi

2. Cara Berkomunikasi

3. Sistem perencanaan

4. Teamwork

5. Manajemen waktu

6. Stress Management

Jika Anda mampu mengelola event dengan baik. Anda dapat meminimalisir budget promosi Anda.

Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari promosi Anda.

Misalnya : Mas @JayaYEA yang memiliki website yukbisnis.com , beliau membuat event Buka Toko Online Langsung Laris atau Anda memiliki bisnis sekolah yang menengah ke atas, Anda dapat mengundang Kak Seto sebagai pembicara Seminar Pendidikan yang di hadiri oleh orang tua. Sebagai penyelenggara acara, Anda dapat lebih banyak mempromosikan bisnis Anda di acara tersebut. 😀

Semoga bermanfaat ya ^^

Sebelum bilang gak butuh, baca dulu deh hehe

Kok bangga jadi orang goblok?
.
.
.
Mari kita lihat artian goblok yang bisa menghasilkan itu yang seperti apa si?

Zaman sekarang banyak orang yang masih berusaha keras menjadi orang pintar untuk mendapatkan pekerjaan, tapi orang goblok susah mendapatkan pekerjaan dan akhirnya membuka usaha sendiriOrang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satupun yang jadi kenyataan.

Orang goblok cuma punya satu ide, dan itu jadi kenyataan.

Orang goblok itu gak banyak mikir, yang penting terus melangkah.

Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah.

Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan.

Orang goblok berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar para pelamar kerja.

Belajar Goblok dari Alm. Bob Sadino ^^ . Jd orang pintar itu bagus. Tp jgn sampai pengetahuanmu membatasi ruang gerakmu untuk berusaha ya. Jgn sampai jg krna kamu lulusan darimana dan udah sekolah tinggi jd kamu gengsi untuk mulai dari bawah. Semangat Berjuang 😀

Bangga jadi orang pintar? Mending jadi jadi orang goblok hehe

Modal.. Oh…. Modal…

.
.
.
Dilema memilih menggunakan modal u/ mengembangkan produk atau promosi?

Galau menggunakan strategi yg mana karna dana masih terbatas?Modal lagi modal lagi 🙁

Yup keterbatasan Modal memang salah satu alasan mengapa UKM kesulitan melakukan promosi bisnisnya.

Gimana si cara nya promosi tp dana masih sangat terbatas?^^

Ini ni cara nya dgn dana terbatas kita tetap bisa melakukan promosi

1. Bekerjasama dgn endorser atau Influencer

Gak perlu Artis kok. Yg penting mereka punya massa & punya pengaruh kuat terhadap massa mereka. Baik itu massa online maupun offline 😀

Berikan produk gratis ke orang tersebut & meminta si influencer u/ menginformasikan bahwa produk kita di gunakan oleh dia.


2. Gunakan Social Media Marketing

Social Media adalah media promosi yg bisa kita gunakan u/ mempromosikan produk kita.

Namun perlu strategi yg tepat agar promosi kita berhasil.

Perencanaan konten adalah hal penting karna konsumen lebih tertarik memfollow suatu akun yg mempunyai konten yg menarik


3. Bekerjasama dgn Reseller

Memiliki Reseller itu penting u/ percepatan bisnis Anda


Usahakan minimalisir budget Anda. Terutama utk bisnis Start Up . Jangan terlalu mudah mengeluarkan uang. Hitung semua pengeluaran. Dan jika Anda harus mengeluarkan uang u/ promosi, ukurlah seberapa efektif strategi promosi itu.


Jgn sampai sdh keluar uang banyak tp bukannya untung malah buntung 🙁 . Hayo kreatif mensiasati Modal ^^


Dilema Modal Buat Promosi nih 🙁

Awas! Ada penyakit ‘Beken’
.
.
.
Nah ini nih salah satu memang banyak di kalangan para pengusaha. Terlihat biasa – biasa saja tp pengaruhnya bisa luar biasa.

Pada saat bisnis Anda berada di atas atau omset Anda sedang keren2nya, Anda pasti sangat tergoda untuk menjadi ‘Beken’ atau terkenal.

Anda mulai tergoda untuk banyak tampil di dpn umum. Hingga Anda menjadi Beken dan banyak orang membeli produk Anda krna Popularitas Anda.

Terlihat bagus krna Omset Anda Naik. Tp buruk utk jangka panjang. Bisnis yg berbasis Penokohan (misalnya :Orang membeli produk krna figur ownernya) bukan karna Produk yg Anda jual sangat berbahaya karena jika Figur tersebut tb2 imagenya jelek, maka orang tdk mau membeli produknya lg. Anda jg di paksa utk terus menjadi Figur utk menaikan penjualan. Bukan hanya lelah, tp jg jika Anda tdk ada, penjualan Anda pun dpt menurun

Jadi Hati – Hati ya ^^


Pengusaha hati – hati dgn Penyakit ini ya

Uang, Bukan Satu-Satunya Modal
.
.
.
Niat bisnis? Niat banget

Udah ada ide mau bikin bisnis apa ? Ada

Ide bisnisnya beda dari yg lain atau udah ada yg sama? Beda dong

Terus ? Tunggu apalagi ?? Buruan bikin bisnisnya, ntar keburu ide bisnisnya ada yg pake duluan loh. Nanti niat bikin bisnis yg beda bisa GAGAL lho 🙁

Apa masih ada halangan lain ?? Jgn bilang halangannya masalah modal uang?!

Ubah mindset kalo uang itu modal paling penting buat berbisnis atau bahkan SATU-SATUNYA modal buat bisnis. Bahkan ada jg pebisnis yg memulai bisnis tanpa modal uang sama sekali.

Kok bisa ??? Bisalah ^^

Masih banyak hal lain yg bisa nutupin kekurangan modal uang. Misal, pergaulan kalian, skill individu & kemampuan berbahasa.

Anda pasti punya teman atau kenalan kan? Anda bs memasarkan produk/jasa Anda ke teman2 sebagai awal. Kalo mereka udah mau menggunakan produk Anda, pastinya Anda bs minta tolong mereka u/ memasarkan ke orang2. Tidak perlu keluar biaya promosi awal yg jumlahnya bs sampe jutaan. Nah, uang yg Anda dapatkan bs Anda gunakan u/ mengembangkan bisnis Anda 😀

Itu soal pergaulan. Kalo Skill Individu ?

Hmm. Simple banget. Kalo Anda punya skill buat bikin produk barang Anda atau jalanin bisnis jasa sendiri, Anda tidak butuh uang banyak2 u/ berbisnis. Akan lebih bagus lagi jika Anda pintar berbicara atau sweet talker. Jadi Anda bisa memasarkan produk Anda tanpa perlu repot2 bayar orang untuk jadi sales 😀

So, masih mikir uang yg paling penting ??

Ubah Mindset dulu yuk ^^

Tips Menentukan Produk Bisnis
.
.
.
Niat ada, modal jg udah ada. Tapi. . . .Mau bikin bisnis apa ya? -__-“

Bingung nentuin produk padahal niat & modal udah ada sebenarnya adalah hal umum. Banyak kok yg ngalamin. ^^

Tp apa iya cuma gara2 itu Anda menyerah?

Sayang banget 🙁

Mereka yg modalnya nggak ada aja, banyak yg tetep maju & kerja keras, mati-matian, buat jd pebisnis.

Jd jgn nyerah cuma gara2 Anda bingung mau bikin produk apa. Solusinya gampang kok. Anda hanya perlu muter otak lagi & lakuin tips ini :

1. Pilih Konsumen

Nggak mungkin kan Anda buat produk tp nggak tau siapa yg akan jd konsumen?

Daripada bingung mau buat produk apa, lbh baik Anda tentukan dulu siapa yg akan jd konsumen Anda. ABG, orang tua atau lainnya. Tentukan daerah mana yg akan jd daerah u/ memasarkan produk & perhatikan produk apa yg mungkin laku di daerah itu. Setelah itu liat kebanyakan masyarakat di situ, siapa yg paling potensial u/ jadi sasaran produk.

2. Amati Perilaku Konsumen

Kalo sudah nentuin daerah pemasaran & siapa yg jd sasarannya, saatnya mengamati perilaku target sasaran. Gmn kebiasaan belanja mereka & produk apa saja yg biasa dibeli.

Kok jd kaya teroris? Hihi ^^

Anggap saja Anda teroris yg mau menyerang. Senjatanya adalah produk Anda. Tujuannya ?
Agarproduk Anda laku & bisnis Anda sukses 😀

Nah, setelah semuanya Anda lakukan, saatnya Anda tentukan produk apa yg akan Anda buat & mulai bisnis Anda.

Ingat! Anda harus tetep fleksibel dgn hasil pengamatan Anda. Ikuti perubahan waktu & perubahan kebiasaan konsumen.

Semoga tips ini bermanfaat ^^

Awassss!!!!
.
.
.
Buka bisnis ahhh, aku kan punya modal

Nekat dulu gapapa deh sambil belajar yang penting aku kan punya modal hehe

What?!

Tanpa Persiapan apa2 Terjun ke bisnis?! Bahaya!

Makin besar modal yang kamu keluarkan di saat Start Up, semakin besar resikonya krn Minimnya Pengalaman

Kali ini mari kita ulas tentang beberapa strategi menghadapi persaingan bisnis dalam konteks strategi pemasaran. Yuk kita pelajari satu persatu

1. Pastikan produk kita punya Kelebihan

Kita harus punya kelebihan dibandingkan para pesaing yang sudah ada utk bertahan didalam bisnis

Bisa dlm hal harga misal lebih murah, dlm hal desain misalnya desain kemasan lebih bagus, dlm hal layanan misalnya layanan kita lebih ramah. Dengan begitu konsumen punya alasan yg kuat mengapa ingin membeli produk kita dibanding produk pesaing

2. Fokus membangun Brand

Kedepannya konsumen kita akan membeli produk bukan karena produknya mungkin saja karena BRANDnya. Produk dikatakan sukses ketika brandnya sudah dikenal oleh masyarakat.

3. Perbanyak Konsumen Baru

Langkah ini bisa kita lakukan dgn cara memperbesar penjualan utk konsumen trail atau konsumen awal. Misalnya kita bisa lakukan dengan promosi atau program sales.

4. Maksimalkan Repeat Order

Jaga customer Anda agar terus terjadi Repeat Order. Lbh mudah menjual keada konsumen lama drpd konsumen baru.

Ini lah beberapa stategi menghadapi persaingan bisnis

Punya modal langsung mau buka bisnis baru? Jalanin dulu aja yg penting nekad dulu, haha yg bener aja!

Penting gak si Laporan Keuangan?

.
.
.
Ahh yg penting juga jalan dulu sambil jalan baru dipikirin gimana kedepan nya

Yang bener aja! -_-“

Laporan Keuangan itu bs menjadi panduan penting u/ para UKM tetapi terkadang bagi UKM laporan keuangan bukan merupakan hal yang diprioritaskan dalam usaha.

“Yang penting jalan dulu aja deh”

Itu yang di katakan kebanyakan pelaku UKM apabila ditanya mengenai laporan keuangan

Sebenarnya dengan laporan keuangan, informasi apa saja si yang didapatkan para UKM?

1. Usahaku Untung atau Rugi?

Sebagai pelaku UKM sebaiknya Anda mencatat uang masuk & keluar dari kegiatan usaha hal ini akan mempermudahkan Anda membuat laporan laba rugi usaha Anda. Laporan laba rugi ini masih sederhana sekali, cocok u/ para UKM yg baru memulai usahanya atau perdagangan sederhana

2. Usahaku berkembang tidak ya?

Indikator usaha kita berkembang atau tidak dapat dilihat dari laporan per bulan yg dihasilkan dari laporan laba rugi . Contohnya apabila penjualan kita meningkat, maka usaha kita berkembang dalam sisi penjualan. Apabila usaha kita berkembang tetapi masih rugi, dapat dibuat evaluasi kira-kira biaya apa yang mempengaruhi hal tersebut

Itu beberapa keuntungan memiliki laporan keuangan. Jadi jangan lagi di abaikan ya 😀


Menurut kamu laporan keuangan penting gak si?^^

Buat Produkmu Promosi!
.
.
.
Banyak pengusaha ingin bisnisnya dibicarakan banyak orang. Artinya produknya Laris Manis dan “Ngangenin”. Bener,gak? Nah, ada 2 faktor shg hal itu bs terjadi, yaitu: 1. Produk Berkualitas dan 2. Service Mengesankan

Kalau produk Anda sdh Berkualitas, maka PRODUK Andalah yg bakal Berpromosi sendiri. Kok, Bisa? Karena, eh, karena.. Akan ada banyak orang yg PD utk mereferensikan produk Anda.

Oya, Bisa jd produk Anda biasa saja, tp SERVICE atau pelayanannya WOW..

Pelayanan yg WOW.. (Mengesankan atau Unik) mampu membuat pelanggan2 Anda membicarakan produk atau jasa Anda..

Sayangnya… Saat Anda mampu mengeskan Pelanggan dengan Produk serta Service yg Hebat, mereka hanya akan mengatakannya pada 1 Orang 😐

Namun, saat Anda mengecewakan Pelanggan, mereka bakal membicarakan pada 10 Orang.. Tidaakkk.. :'(

Kalau begitu, Jagalah kualitas Produk dan Service pada bisnis Anda. Jangan hanya BOMBASTIS pas Promosi, tp sebenernya isinya Ancur.

Omset Turun bisa jadi, bukan karena PENJUALAN yg Buruk,

namun karena PRODUK dan SERVICE yg Mengecewakan. Waspadalah… Waspdalah… ˆ⌣ˆ

SuperTEAM not SuperMAN
.
.

Salah satu pilar penting dalam Bisnis adalah bagian SDM (Sumber Daya Manusia). Sayangnya, bagian ini sering dilupakan…

Padahal bagian inilah yg menopang berjalannya Pilar2 lain seperti Marketing, Operasional, dan Finance. Kok bisa? Lah, klo gak ada SDM-nya gmn bisa jalan.. Heu.. -_-“

Nah, oleh karena itu perlu LEADERSHIP dan MANAJEMEN yg baik dlm mengelola SDM. Tanpa 2 hal itu, seorang pengusaha bakal CAPEK.

Ia bakal terus-terusan kerja sendirian. Merasa paling jago, paling bisa dan takut klo kerjaannya dipegang org lain bisnisnya akan hancur.. (Jangan2 Anda jg begini).. Hhmm..

Emangnya Bisnis dibangun oleh SuperMAN, bro? Ya, Nggak,lah.. Klo bisnis bergantung sama 1 orang aja (Ownernya), itu namanya bukan Business (Bisnis) tapi Busyness (Sibuk)

Kalau mau jadi benar2 bisnis.. Ya bangun SDM-nya. Latih SKILL-nya, Jaga MOTIVASI-nya dan Buat Sistem Kerja yg Tepat.

Marketing memiliki TARGET Penjualan yg dasyat. Operasional punya SOP yg tepat dan Finance dg sistem yg Ketat, serta SDM dengan Team yg Kuat. Inilah ciri dari Bisnis Sehat. ˆ⌣ˆ

Bisnis Hebat itu dibangun oleh Team yg Hebat pula. Bukan oleh SuperMAN tapi oleh SuperTEAM. Bagaimana dg bisnis Anda sekarang?

No Cash Bikin Stress..
.
.
.
Apakah yg ada dalam bayangan Anda ttg Kehidupan yg Anda jalani saat menjadi pengsaha?


– Kehidupan yg Nyaman tanpa Marah2 dari Atasan?

– Waktu kerja yg Bebas tanpa terikat jam Kantor?

– atau Banyaknya uang yang mengalir ke Rekening Anda hanya dengan sedikit bekerja?

Ternyata hal “nikmat” itu, tidak terjadi pada pengusaha pemula yg baru Awal berbisnis.

Tak ada atasan membuat gerak bisnisnya tidak jelas (bingung). Selain itu banyak jam kosong, sayangnya itu saat2 ia nggangur gak ada orderan. Ditambah lagi ternyata jarang ada transferan krn memang orderan sepi.. Oh.. Tidakk.. 😐

Uang datang karena Jualan. Klo gak bs jualan, matilah sudah.
Orderan sepi, Stok Numpuk.. Kas makin dikit.. Uh..

Omset dan Profit Gede juga bukan jaminan Cash-nya banyak.. Klo kamu msh suka kasih DISKON Brutal, ongkir GRATIS gak perhitungan, atau ngasih BONUS sembanangan. Iya, sih.. Omset atau Profitmu GEDE,tapi… CASH-mu Ancurr..

Makanya, Jualan yg semangat, Omset dikejar hingga melampaui Target. Tapi, perhatikan juga NET PROFIT dan CASH dari Bisnismu.. Ok,broh?

No CASH, bikin STESSS.. Beneran!
Benerin,yooo.. ˆ⌣ˆ

Tumbuh atau Mati!
.
.
.
Menjadi pengusaha itu bukan PELARIAN apalagi sekedar BALAS DENDAM. Namun sebuah PILIHAN yg Harus di PERTANGGUNGJAWABKAN, bener, kan? 🙂

Sayanya banyak pengusaha (khususnya pemula) yg jalanin bisnis asal-asalan. Gak punya target, gak komitmen, banyak alasan serta suka dengan penundaan. Nah, lho..

Anda tidak Begitu, kan? 😀

Bangun bisnis yg bener, lah.. Perjuangin bisnismu.. Minimal dapet 10 juta/bulan, lah.. Klo nggak mending tutup aja.. -_-

Kesinggung, ya? Daripada kesinggung, mending berubah. Ini semua demi Kebaikanmu, Demi Keluarga yg menunggumu, Demi Karyawan yg menantikan bisnismu tumbuh..

Bisnis itu kalau nggak tumbuh ya mati.. Kayak manusia aja, klo ia tidak tumbuh, artinya dia Mati.

Klo Omset, Profit dan Cashmu msh gitu2 aja, Klo Aset juga gak nambah, Jumlah Karyawan sama aja, bahkan berkurang dan Anda semakin sibuk dg bisnis Anda Artinya Bisnis Anda sdh STAGNAN atau malah Menurun. Tidakkkk.. 🙁

Kini saatnya Anda tata kembali VISI MISI Bisnis Anda dan atur Strategi untuk memaksimalkan setiap bagian dlm Bisnis Anda.
Grow Your Business or Die! Tumbuh atau Mati! ˆ⌣ˆ

Levelling in Closing Sales
.
.
Gagal CLOSING mulu?

Udah pasti yang bikin seneng pengusaha jika pas jualan adalah seringnya closing. Sayangnya, banyak pengusaha yg merasa tingkat Closing pelanggannya masih rendah.

Bagaimana dengan Anda?

Salah satu rahasia supaya tingkat Closing meningkat adalah memahami ilmu Levelling in Closing Sales. Opo iku?

Semakin tinggi Level, semakin cepat dan banyak CLOSING-nya. Apa aja levelnya?

1. Celebrity (Artis): Orang dg jumlah masa (fans) yg BANYAK dan punya pengaruh KUAT di masyarakat —> Jual apa aja bs laku ˆ⌣ˆ (oya, Celeb Tweet juga termasuk)

2. Ahli: orang menyebutnya PRAKTISI, dy ahli di bidang tertentu. Masanya tdk sebesar celebrity, namun pengruhnya kuat krn KEILMUAN dan PENGALAMAN-nya.

3. Saudara/ Teman: Ini, nih, biasanya memang 60% orang beli itu krn saudaranya atau krn teman. Makanya banyak-banyakin teman dan saudara.

4. Bukan Siapa-siapa: Nah, lo, klo Anda bukan siapa2 utk customer Anda. Celeb bukan? Ahli bukan? Apalagi teman/saudara…

Klo Anda sdg di level Bukan Siapa-sapa, tingkatkan LEVEL CLOSING Anda dengan TESTIMONI dari 3 Level diatas (Celeb, Ahli serta Saudara/Teman) —> Cara Cepat

Meningkatkan LEVEL jg bs dgn memberi EDUKASI rutin pd calon pelanggan Anda shg mereka TRUST klo Anda seorang Ahli —> Cara Proses

Gunakan 2 Cara diatas utk meningkatkan %Closing Anda yg bakal berdampak pd Pengingkatan Omset. Siap? ˆ⌣ˆ

Always Be Closing
.
.
.
Ini, nih, cara yg sdh teruji utk bisa Always Be Closing. Pastinya semua penjual ingin ini terjadi.

Sukses itu BERPOLA, begitu pula dalam penjualan. Sudah ada Pola suksesnya. Mau tahu?

INGAT yg dibeli oleh seseorang itu bukan PRODUK-nya, tapi
VALUE (nilai) atau MANFAAT-nya. Kalau value/manfaatnya sesuai yg ia BUTUHkan dan NILAI/HARGAnya sesuai, maka org bakal BELI. Beneran!

Maka tingkatin NILAI Produk Anda dimata konsumen dgn
KEMASAN yg menarik, PELAYANAN yg terbaik, dan
PENAWARAN yg unik dgn Copywriting yg apik.

Dan coba pola penjualan ini:

1. Perkenalkan diri Anda bahwa Anda akan membantu mewujudkan Impiannya atau menyelesaikan Masalahnya
2. Tanya KEBUTUHANnya atau IMPIANnya

3. Jadikan produk/ jasa Anda SOLUSI Tepat utk memenuhi kebutuhan/ impiannya

4. Tutup penawaran Anda dgn Teknik NOW or NEVER —> buat mereka menyesal jika tidak membeli Sekarang juga. Beri penawaran yg WOW.. Seperti Gratis Ongkir, BONUS senilai Jutaan atau Diskon Khusus

Nah, skrng coba terapkan di bisnis Anda. Kami sdh mencoba dan hasilnya LUAR BIASA. Kini giliran Anda? ˆ⌣ˆ

Naik Omset 1600%
.
.
.
Namanya pengusaha maunya ya omsetnya naik terus. Bener,gak? Klo omsetnya stagnan dan kecil, mending tutup aja bisnisnya, hehehe.. :p

Cuma ningkatin omset perlu strategi jitu spy naiknya berlipat-
lipat. Setuju?

Ternyata omset, profit dan jumlah pembeli itu nggak penting dalam bisnis. Haaa.. Beneran? Ternyata, Hal ini krn ketiga-nya hanyalah EFEK dr kegiatan Selling dan Service kita.

Berikut RUMUS JITU penentu OMSET MELESAT —> “(1)Prospek” x “(2)%Closing” = BUYER x “(3)Avg. Sales” x “(4)Repeat Order” = OMSET

Penentu Omset ada di No. 1-4. Bagian ini jika di OPTIMALKAN bakal ningkatin omset bisnis Anda gila-gilaan.

Apa aja aktivitas di 4 bagian ini?

1. Prospek: Targetnya adalah pembeli TAHU mengenai produk kita —> Bagi2 brosur, tempel pamflet, edukasi di sosial media (Twitter, Facebook, BB)

2. %Closing: Ini, gmn caranya spy pembeli closing utk beli. Gali kebutuhannya, beri solusi melalui produk/jasa Anda. Terakhir lalukan PENAWARAN yg membuat mereka BODOH jk tidak membeli skrng

3. Avg. Sales: klo ini spy rata2 pembeliannya naik. Gunakan teknik Up-Selling atau Cross Selling spy yg awalnya beli 1 jadi beli 2. Beli Celana sekalian Beli Sabuk-nya

4. Repeat Order: Aktivitas spy pelanggan kita beli dan beli lg. Klo ini beri service terbaik dan pastikan produk anda berkualita,ya.. ˆ⌣ˆ

Supaya bisa naik 1600% atau 16X Lipat. Cukup naikkan 2x pada setiap aktivitas.
Sebelum: “1000” x “10%” = 100 x “100rb” x “2“ = 20juta

Sesudah: “2000” x “20%” = 400 x “200rb” x “4” = 320 juta —> Naik 1600%

Tinggal pilih strategi2 disetiap lini agar naik 2x lipat saja, maka omset anda bakal naik 16x lipat. Asyikkk? ˆ⌣ˆ

Tapi dan Nanti
.
.
.
Banyak yg bilang jadi pengusaha SUKSES itu susah. Lah, iya, memang susah! Gampang itu klo jadi pengusaha STAGNAN. Omsetnya gitu-gitu aja. Stabil diangka yang kecil. Hiks..hiks..

Apa yg membedakan,ya.. Antara pengusaha SUKSES dan STAGNAN?
Pengusaha sukses itu punya KOMITMEN, tanpa tapi, tanpa nanti. Klo pengusaha STAGNAN itu banyak alasan, suka menyalahkan dan senang menunda-nunda pekerjaan

Diminta belajar ikut training, alasan sibuk, gak ada uang, atau malah bilang gak guna

Sudah buat TARGET Omset bulanan, cuma sayang gak bener2 ingin dicapai. Kerjanya males-malesan dan suka nunda. Ujung-ujungnya target gak kecapai dgn banyak alasan

Nah, pas gagal, biasanya suka nyalah-nyalahin orang lain. Kayawan, Partner, sampai Trainer atau Mentornya bs jadi kambing hitam kegagalannya.. Heu..

Mau jadi Pengusaha SUKSES? KOMITMEN sama Target yg udah dibuat. Kerjakan Strategi yg sdh disusun Tanpa Tapi, Tanpa Nanti. Siyaaappp? ˆ⌣ˆ

Semangat, Woi!

Aset jadi Omset
.
.
.
Klo punya bisnis harus terus TUMBUH. Salah satu indikator tumbuhnya adalah dilihat dari ASET-nya.

Apa aja, sih, disebut Aset? Klo menurut saya Aset adalah apa saja yg keberadaanya berdampak pada omset perusahaan.
Mobil utk Operasional Usaha, Gadget utk komunikasi dan transaksi, serta SDM yg menjalankan perusahaan adalah ASET

Prinsip yg harus dipegang oleh pengusaha adalah “Penambahan ASET harus berdampak pada Penambahan OMSET”. Shg setiap keputusan dlm menambah aset, berdasarkan perhitungan yg matang

Karena banyak dr kita saat membeli barang atau menambah karyawan, tdk berdasar perhitungan shg malah menambah BEBAN baru perusahaan dn tdk berdampak dg OMSET. Bener, ga?

Ini adalah prinsip EFEKTIFITAS, bagaimana setiap Aset perusahaan yg dimiliki mampu menjadi mesin Uang yg produktif bagi perusahaan.

Masih mau sembarangan nambah aset?

Nambah ASET, harus Nambah OMSET, spy Bisnis gak TERPELESET! ˆ⌣ˆ

Impian Kosong
.
.
.
Pengusaha yang berhasil pasti memiliki Impian atau Visi yg besar terhadap bisnisnya. Bagaimana dgn Anda? Sdhkah punya Impian besar terhadap bisnis Anda?

Jujur, tdk semua orng bisa bermimpi besar. Coba saya tes? Pernahkah Anda bermimpi mencapai OMSET 100
Milyar/Bulan atau bermimpi memiliki 70.000 karyawan di perusahaan Anda.

Hmm.. Sepertinya bakal banyak yg bilang, “Klo segitu kebesaran,mas…”. Nah, itulah kekuatan, mimpi, tak semua berani bermimpi besar. Bagaimana dgn Anda?

Kalau sdh tahu begini, ya, harus punya MIMPI yg besar serta GOAL yang jelas. Tapi, jgn hanya jadi IMPIAN KOSONG. Cuman mimpi doank tapi gak diperjuangkan. Helowww..

Supaya gak jadi Impian Kosong, coba buat Mimpi 10 thn kedepan, 5 thn kedepan dan 1 thn kedepan mau jadi apa perusahaan Anda serta Bagaimana kondisi Pribadi Anda saat itu?

Baru setelah itu buat recana kerja, khususnya utk 1 thn mendatang. Klo sdh,ya, Komitmenlah dgn Target Anda. Jangan cuma OMONGAN aja yg Besar. Tapi Niat dan Tekad jg Besar. Oke, bro…
Klo sdh begitu, bakar semangatnya! ˆ⌣ˆ

Copyright © 2017-2020 Kalyubi Digital . All rights reserved. Terms of Service | Privacy Policy.